LION

Simbolisme singa.

The animal represents certain ideas or forces and is not to be seen in narrow zoological terms. Religious iconography or legend are not mapped on to modern taxonomy. It is not advisable to read off them as every animal may be an allegory.

Mahesh Rangarajan ( environmental historian) – https://www.downtoearth.org.in/news/wildlife-biodiversity/a-leonine-tale-for-holi-could-the-asiatic-lion-have-inspired-the-figure-of-narasimha–88130

Assadullah

Lion of Judah

Lambang kota Yerusalem

Saint Mark

Dinasti Solomonik

Gerakan Rastafari

Singa Persia

India

Many Indian lion sculptures thus bear features that cannot directly be traced back to a living lion.

Animals in Stone. Indian fauna sculptured through time – Alexandra van der Geer – https://www.downtoearth.org.in/news/wildlife-biodiversity/a-leonine-tale-for-holi-could-the-asiatic-lion-have-inspired-the-figure-of-narasimha–88130

Some scholars believe that lions were introduced into India from western Asia as a quarry for royal hunts, implying that they became a feral population thereafter and eventually became wild. This is suggested to have resulted from the contact of the South Asian dynasties with the Achaemenid and Seleucid empires when hunting lions became a sign of royal prowess.

https://en.wikipedia.org/wiki/Lion_Capital_of_Ashoka

Capital of Ashoka’s Pillar

Narasimha

Narasimhi

Simhamuka

Srilanka.

lion of Prince Vijaya

Sinhapura

the capital of the legendary Indian king Sinhabahu.

Sinhabahu

lion-catcher. (or Sihabahu; “lion-armed”). Son of a Sinha (lion) and a princess named Suppadevi.

Sinhasivali

sister of Sinhabahu

Sinhala

descendants of Vijaya and his sister Sinhasivalee, whom he made his consort. They had thirty-two children, in form of 16 pairs of twins, of whom Vijaya was the eldest and Sumitta the second.

Prince Vijaya

Son of Sinhabahu.

Buddha

Shakyasimha

 ‘Lion of the Sakya Clan’

Japan

Shishi

This lion would have supported either an image of the Bodhisattva Mañjusri (Monju in Japanese), who stands for the Buddha’s wisdom, or a sacred gem.

Komainu

China

stone lions or shishi (石獅; shíshī)

Tibet

Snowlion gangs seng ge གངས་སེང་གེ་

Dakini

Myanmar

Chinthe. ခြင်္သေ့

Merlion

Singhasari

ꦏꦫꦠꦺꦴꦤ꧀ꦱꦶꦔ꧀ꦲꦱꦫꦶ

“essence of lion” or “sleeping lion”

Singaraja

Semakin lama, wilayah kekuasaan I Gede Pasekan semakin luas. Kemudian, ia membangun istana di tengah hutan yang banyak ditumbuhi pohon buleleng. Wilayah itu diberi nama Kerajaan Buleleng dan istana yang dibangun I Gede Pasekan bernama Singaraja.

Makna Singaraja adalah raja perkasa seperti layaknya singa. Pendapat lain, Singaraja berarti tempat persinggahan raja. Singaraja berasal dari kata singgah raja.

I Gusti Anglurah Panji Sakti.

Nama kota ini diambil dari kewibawaan sang raja I Gusti Anglurah Panji Sakti yang sangat berwibawa dan sakti layaknya seekor singa.

https://id.wikipedia.org/wiki/Singaraja

Singaparna

Jika ditilik dari etimologi kata Singaparna berasal dari dua suku kata bahasa Sunda yaitu Singa dan Parna. Makna singa jelas merujuk kepada hewan buas si raja hutan. Sementara parna dalam bahasa Sunda berarti sakit keras atau cedera berat. Sehingga secara etimologi Singaparna dapat dimaknai singa dengan cedera berat.

https://www.detik.com/jabar/budaya/d-7173901/singa-sakit-badak-mati-kuda-tiarap-hingga-naga-ada-di-tasikmalaya

ada 2 singa yang bertarung. Yang kalah bernama “Singaparna”, yang menang bernama “Singajaya”

Singajaya

nama orang. Eyang Singaraja. Seorang sakti setengah singa.

Rajasinga

Pada awalnya desa Rajasinga ini bernama desa Pandansari atau Desa Gandasari. Sejarah desa ini bermula saat Gusti Kanjeng Sultan Ageng Wirantaka / Ki Agrantaka (Ki Ageng Wirantaka) atau datang ke desa ini dengan tujuan untuk menyebar dan menyiarkan ajaran agama Islam, setelah itu ia menetap di desa. Gusti Kanjeng Sultan Wirantaka menjadi tokoh yang disegani di desa pandansari (Gandasari) dan menjadi “kawedanan” (pemimpin Kecamatan) di desa ini, Gusti Kanjeng Sultan Wirantaka adalah putra dari Gusti Kanjeng Sultan Ngabehi Singapati (Gagak Singa Lodraka) pada era penjajahan Belanda yang saat itu sistem pemerintahannya Kesultanan Dermayon di lebur Oleh Belanda, yang dulu menjadi Negara justru menjadi Kabupaten, ketika Belanda menduduki Demang Cirebon dan menjadikan Cirebon sebagai Pusat Keperentahan Kesultanan Cirebon (Buatan Belanda atau Kesultanan Gadungan Belanda), Belanda menjadikan Demang Cirebon sebagai kerajaan Cirebon, tetapi tidak dapat dilakukan karena Kesaktian orang-orang penduduk Cikamurang, Terisi dan seluruh daerah di Indramayu lainnya. Saat bepergian Gusti Kanjeng Sultan Wirantaka tampil berbeda, orang kebanyakan akan memakai Kereta Kuda namun ia mengendarai Kereta yang ditarik oleh 2 singa karena itu ia dijuluki rajanya singa atau Sing Lodra.

Saat penggantian nama desa, ada 3 pilihan nama yang akan dipakai yaitu Pandansari, Singa Kembar, Rajasinga namun pada akhirnya Rajasinga dipilih dengan makna rajanya dari para singa. Selain itu, nama Rajasinga adalah untuk mengenang Gusti Kanjeng Sultan Wirantaka.

https://id.wikipedia.org/wiki/Rajasinga,_Terisi,_Indramayu

Singo Edan

Ia mengatakan bahwa julukan Singo Edan terjadi tanpa direncanakan atau mengalir begitu saja. “Iya, ceritanya para wartawan senior saat itu bersama Sam Ikul satu mobil perjalanan ke Stadion Brantas Batu, ada pertandingan karena Stadion Gajayana direnovasi,” kata Nunun kepada Kompas.com. Diskusi yang terjadi di dalam mobil tersebut berlangsung liar, memunculkan sejumlah kata sifat untuk melengkapi julukan Singo. Kata Singo ini terinspirasi dari zodiak Leo milik Arema yang lahir pada Agustus, inspirasi yang sama saat Arema membuat logo.

Pada akhirnya, kata Edan-lah yang dipilih sebagai pelengkap julukan Singo, sehingga menjadi Singo Edan. Sejak saat itu, julukan Singo Edan digunakan oleh Arema. Julukan yang merepresentasikan bagaimana Arema berdiri gagah melawan semua rintangan yang menghadang tanpa batasan logika.

https://www.kompas.com/sports/read/2021/09/19/08000058/asal-usul-arema-fc-dijuluki-singo-edan

Upacara Menek Kelih

Upacara Menek Kelih adalah upacara sebagai ungkapan rasa syukur orang tua kepada Tuhan karena anaknya telah tumbuh menjadi remaja dan telah mengalami pubertas. Selain itu upacara menek kelih ini sebagai pertanda kepada anak bahwa anak harus bersikap waspada, menjaga diri, lebih dewasa dan lain-lain Adapun yang dipuja dalam upacara tersebut adalah Sang Hyang Semara Ratih. Untuk anak laki-laki disebut Raja Singa, sedangkan perempuan disebut Raja Sewala.

https://bali.kemenag.go.id/klungkung/berita/17854/makna-upacara-menek-kelih

Singo Edan, an island in East Nusa Tenggara

Nama ini merupakan ikon dari klub sepak bola dari Kota Malang, Jawa Timur. Pemberian nama pulau itu oleh Komandan Lantamal VII Kupang Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso,.

https://www.liputan6.com/regional/read/2507086/singo-edan-jadi-nama-pulau-terluar-gubernur-oke-saja

Dinasti Bagratuni

Dinasti Rubenid

Montenegro

Simhanada

Simhasana


https://www.dreamstime.com/emblem-jerusalem-city-metal-street-lamp-mast-lion-olive-leaves-emblem-jerusalem-city-image127487458

https://www.likealocalguide.com/addis-ababa/the-lion-of-judah

https://www.photospeaker.org/post/2017/11/16/the-lion-of-persia

https://www.quora.com/What-is-the-relation-of-Sri-Lanka-with-lions

https://en.wikipedia.org/wiki/Merlion

https://www.straitstimes.com/multimedia/graphics/2021/08/singapore-merlion-real-anatomy/index.html?shell

https://priangantimurnews.pikiran-rakyat.com/news-priangan/pr-1221619261/menurut-sejarah-kecamatan-singaparna-tasikmalaya-berasal-dari-kata-singa-dan-parana

https://www.downtoearth.org.in/news/wildlife-biodiversity/a-leonine-tale-for-holi-could-the-asiatic-lion-have-inspired-the-figure-of-narasimha–88130

https://en.wikipedia.org/wiki/Singhasari

https://en.wikipedia.org/wiki/Shakyasimha

https://art.thewalters.org/detail/36171/buddhist-guardian-lion-shishi/

https://en.wikipedia.org/wiki/Prince_Vijaya

https://en.wikipedia.org/wiki/Sinhapura

https://threadreaderapp.com/thread/1492081725693849603.html

https://www.collectorsweekly.com/stories/261913-buddha-sitting-on-a-lion

https://en.wikipedia.org/wiki/Chinese_guardian_lions

https://interestingsrilanka.com/oldest-country-flag-in-the-world-sri-lanka-lion-history/

https://en.wikipedia.org/wiki/Snow_Lion

https://en.wikipedia.org/wiki/Chinthe

https://yogawithpragya.com/2023/01/30/the-divine-feminine-in-belur-halebidu/

https://infogarut.id/sejarah-kecamatan-singajaya-tempat-tinggal-pertama-manusia-setengah-siluman

https://www.detik.com/jabar/budaya/d-7173901/singa-sakit-badak-mati-kuda-tiarap-hingga-naga-ada-di-tasikmalaya

https://budaya-indonesia.org/Cerita-Rakyat-Singajaya

https://dap.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/asal-usul-kota-singaraja-61

https://regional.kompas.com/read/2022/07/14/142236678/cerita-rakyat-bali-asal-usul-buleleng-dan-singaraja-serta-pesan-moral?page=all

https://id.wikipedia.org/wiki/Rajasinga,_Terisi,_Indramayu

https://www.kompas.com/sports/read/2021/09/19/08000058/asal-usul-arema-fc-dijuluki-singo-edan

https://malang.inews.id/read/46000/mengenal-ilmu-singo-edan-ilmu-khas-malang-kuno-pemuja-kesaktian

https://www.liputan6.com/regional/read/2507086/singo-edan-jadi-nama-pulau-terluar-gubernur-oke-saja

About cumaasalomong

suka bicara asal-asalan
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment